Jaga Kamtibmas, Polres Batu Gelar Apel Pasukan Pengamanan Nataru 2020

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH saat tengah memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru, Pengaman Natal dan Tahun Baru 2021. (Eko)

BACAMALANG.COM – Guna menjaga Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid Polres Batu menggelar Apel Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Semeru Tahun 2020, Senin (21/12/2020).

“Kami mengadakan Apel Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Semeru Tahun 2020, untuk menjaga Kamtibmas,” tegas Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH.

Apel digelar di seputaran Alun-alun, Jalan Gajahmada, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, MSi, Sekda Pemkot Batu Drs. Zadiem Efisianesi, Msi, Pabung Dandim 0818 Malang – Batu Mayor Infanteri Choirul Effendi, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, SP, Perwakilan Kejaksaan Negeri Batu, para kepala SKPD, Ormas dan para undangan sekitar 50 orang.

AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH dalam giat tersebut menyampaikan Amanat dari Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia), bahwasanya Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal, dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata.

Operasi Lilin digelar 15 hari, mulai 21 Desember 2020 sampai 5 Januari 2021.

“Ya, dengan tetap mengedepankan preventif secara humanis kepada masyarakat, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Namun tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Nataru dengan rasa aman dan nyaman,” tegas dia.

Menurut Perwira Polisi dengan pangkat dua melati di pundaknya ini, nantinya pengamanan tersebut tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa.

“Sehingga menjadikan Kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Jadi, Kita harus lebih peduli lagi. Karena, jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” paparnya.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, lanjut Catur, tentunya juga ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus di antisipasi bersama.

“Antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan,” terangnya.

Polres Batu menekankan pentingnya menjaga mental dan fisik, menjaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ia menginstruksikan kepada tiap personil agar selalu meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan mengantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas, yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021.

“Maka dari itu, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system. Kemudian laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, serta bertindaklah secara tegas, namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas,” tukas dia.

Catur menyerukan memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi nantinya.

“Yang terakhir, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan daoam mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” pungkasnya.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, dilanjutkan dengan pemusnahan ribuan botol Miras dan Knalpot Brong hasil sitaan dari operasi kepolisian yang digelar sebelumnya, bertempat di halaman Parkir Batu Plaza Kota Batu. (Eko/had)