Kampoeng Wisata Tata Surya, Berdayakan Ekonomi Mandiri

anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Lelly Theresiyawat didampingi ketua RT 07 RW 06 Buchori berkumpul bersama warga perumahan Tata Surya (zuk)

BACAMALANG.COM – Kota Malang semakin mengukuhkan sebagai kota destinasi wisata, pasalnya destinasi Kampung Wisata yang tersebar di seantero Kota Malang terus bertambah, salah satunya Kampoeng Wisata Tata Surya.

Kampung wisata yang terletak di kawasan Jalan Tata Surya, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru tersebut nantinya akan mengusung tema lansia, kuliner warna warni dan heritage.

Anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Lelly Theresiyawati, mengatakan didirikannya Kampoeng Wisata Tata Surya ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para mahasiswa.

“Ini kan wilayah pendidikan, kita akan memberikan kenyamanan buat mahasiswa dan mahasiswi yang ada di lingkungan sekitar,” ujarnya, Kamis (31/12/2020).

Disamping itu dengan adanya kampung wisata, ia berharap dapat membantu ekonomi masyarakat mandiri.

“Supaya mandiri, bisa membangun dengan kemandirian untuk kemajuan RT dan RW di lingkungan sini,” imbuh Lelly.

Lelly juga menambahkan pihaknya telah memberikan fasilitas berupa 4 buah lampu panel surya yang kini sudah terpasang.

Bantuan tersebut merupakan program yang diserahkan melalui anggota Komisi VII DPR RI Dapil Malang Raya, Moreno Soeprapto.

Melalui bantuan tersebut, Lelly berharap kedepannya dapat membantu penerangan Kampung Wisata Kuliner dan Heritage yang masih dalam tahap pembangunan tersebut.

Salah satu sudut Kampoeng Wisata Tata Surya (zuk)

Berawal dari Potensi Wilayah

Terpisah, Ketua RT 07 RW 06, H. Buchori menjelaskan ide awal tercetusnya membuat kampung wisata tersebut karena melihat potensi di kawasan Perumahan Tata Surya.

“Ternyata wilayah RT 07 banyak sekali potensi yang bisa kita jual untuk kalangan umum, misalnya dengan adanya Wisata Heritage kita nantinya akan mengundang dan mengumpulkan para pelaku seni untuk menjual karyanya pada saat kunjungan wisata,” jelasnya.

Ia menambahkan nantinya selain wisata kuliner dan heritage, di Kampoeng Wisata Tata Surya akan terdapat wahana arung jeram dan budi daya ikan.

“Yang jelas untuk arung jeram masih dalam tahap proses, kalau yang lain-lainya sudah on air. Heritage sudah, budi daya ikan sudah, lansia sudah,” pungkas pria yang akrab dipanggil Abah tersebut.(zuk)