Pantau Stabilitasi Harga, Pemkot Batu Gelar Operasi Pasar Bersama TPID

Wakil Wali Kota Batu H. Ir. Punjul Santoso, MM dengan didampingi Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH saat memantau harga pangan di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Diskominfo Pemkot Batu).

BACAMALANG.COM – Memasuki hari ketiga bulan Ramadan 1442 Hijriyah, Pemerintah Kota Batu bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu, menggelar Operasi Pasar di sejumlah tempat, pada Kamis (15/4/2021) pagi.

Beberapa lokasi yang menjadi sasaran operasi pasar diantaranya, Pasar Besar Kota Batu, Agen Sembako, Distributor Candra dan Pertokoan Plaza Batu.

Fokus pada operasi pasar kali ini, adalah memantau ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga dari bahan pokok seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur, tepung terigu, ikan dan gula.

Wakil Wali Kota Batu, H. Punjul Santoso, MM mengatakan, bahwa operasi ini dilakukan untuk memastikan harga saat bulan Ramadhan tetap stabil dan tidak mengalami gejolak.

“Memasuki Ramadhan ini kita melakukan operasi pasar, dengan harapan masyarakat mendapatkan pelayanan yang pasti terhadap ketersediaan dan harga kebutuhan pokok,” kata Punjul sapaan akrabnya.

Politisi PDIP ini mengungkapkan, jika operasi tersebut rencananya akan dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu menjelang Ramadhan, pertengahan Ramadhan serta menjelang Idul Fitri.

“Kita bakal memantau terus melalui dinas-dinas terkait. Untuk saat ini, harga relatif masih stabil dan ketersediaan bahan pokok aman untuk tiga bulan ke depan,” ungkap dia.

Sementara itu, Kapolres Kota Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH menambahkan, bahwa pihaknya juga bakal ikut memantau harga pangan di pasar melalui tim Satgas Pangan Kepolisian untuk menghindari penimbunan.

“Kita ikut memantau melalui Satgas Pangan dari kepolisian, agar ke depan tidak ada gejolak harga di masyarakat. Sehingga nanti sampai lebaran tiba, harga tetap stabil dan tidak ada penimbunan,” tegasnya. (Eko)