Tim PKM UB Dampingi UMKM Tingkatkan Jejaring Pasar Kopi Bromo

Tim PKM UB berdiskusi dengan paguyuban Bromo Coffee. (ist)

BACAMALANG.COM – Salah satu permasalahan umum dalam pengembangan UMKM adalah pemasaran produk. Terkait hal tersebut, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri dari dosen Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya (UB) dan enam mahasiswa melakukan kegiatan pendampingan pada UMKM Bromo Coffe Probolinggo.

Kegiatan yang berlangsung pada Juli hingga Oktober 2022 itu meliputi pendampingan produksi, perhitungan biaya, dan penyusunan konten promosi pada UMKM tersebut.

“Pendampingan ini bertujuan untuk memudahkan produksi kopi rempah sebagai terobosan baru serta meningkatkan jejaring pasar seperti reseller dan supplier,” ungkap Ketua PKM DIPA Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST. MT., Kamis (4/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut, imbuh Endra, tim membantu UMKM dalam melakukan pendampingan menyusun konten untuk promosi lewat media sosial serta pendampingan produksi dalam menguji kualitas kopi rempah secara konvensional dan moderen atau menggunakan alat.

“Dari kegiatan pendampingan tersebut akan bisa dilihat perbandingan hasilnya ketika menggunakan alat dan secara konvensional,” kata Endra.

Menurut dia, Kota Probolinggo dipilih sebagai lokasi kegiatan pengabdian masyarakat karena merupakan penghasil kopi yang melimpah. Mitra kegiatan adalah pelaku usaha kopi Probolinggo yang tergabung dalam Paguyuban Bromo Coffee yang diketuai Edy Priyanto.

“Bromo dari petani lokal. UMKM berani inovasi pencampuran kopi dengan rempah namun rasa tetap kopi bukan jamu. Jaringan Bromo coffee ini relatif baru dan masih membutuhkan bantuan jejaring pasar,” jelas Endra.

Kota Probolinggo dipilih sebagai lokasi kegiatan pengabdian masyarakat karena merupakan penghasil kopi yang melimpah. (ist)

Kegiatan PKM 4 SKS tersebut merupakan aktivitas untuk memenuhi kriteria dosen dan mahasiswa berkegiatan di luar kampus.

PKM DIPA sendiri merupakan sebuah kegiatan diseminasi penerapan hasil penelitian serta sosialisasi terkait hasil hasil kegiatan dalam kampus dengan tujuan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat serta dapat mendorong pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat juga dapat memiliki keterampilan dalam mengembangkan kewirausahaannya.

TIM PKM DIPA terdiri dari Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST. MT., Ir. Dwi Hadi Sulistyarini,.ST., MT., Hary Sudjono, S.Si., MT., Ir. Oyong Novareza, ST., MT., Ir. Ihwan Hamdala, ST., MT., dan Arif Rahman, ST., MT. (ned/lis)