Webinar Internasional Jurnalistik, Diapresiasi Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Baswedan, Ph.D, saat memberikan greeting speech atas terselenggaranya Webinar Internasional Jurnalistik. (Eko)

BACAMALANG – Ikatan Wartawan Online Malang Raya berafiliasi dengan Santri Mendunia menggelar Webinar Internasional Jurnalistik yang terkoneksi di 30 Negara dan 34 Provinsi, bertajuk “Pers Nasional, Pemuda dan Hak Informasi di Era 4.0 (Technology-Creativity-Integrity)”.

Kegiatan acara tersebut digelar melalui aplikasi Zoom meeting dan disiarkan secara live di Santri Mendunia TV pada Sabtu, (27/2/2021).

Humas IWO Malang, Dyah Arum Sari, S.S., M.Pd., C.ST MI, menjelaskan, bahwa acara tersebut telah terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Indikatornya adalah kehadiran seluruh narasumber dan terkonfirmasinya total 1000 peserta zoom dan streaming youtube. Acara webinar jurnalistik yang terkoneksi seluas ini, baru pertama kali di Indonesia bahkan satu-satunya di dunia,” terang Dyah, sapaan akrabnya.

Dyah, yang juga sebagai inisiator dan konseptor program webinar ini menambahkan, kegiatan ini digarap dari dua studio yang berbeda.

“Ya, jadi IWO Malang Raya live dari studio EJSC Bakorwil Malang, sedangkan Santri Mendunia menyiarkan secara live dari studio SM di Jakarta,” ungkap dia.

Diakuinya, webinar tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q., M.A.

“Webinar ini sangat luar biasa sekali. Mari kita manfaatkan teknologi untuk menambah derajat kemanusiaan kita, dan menambah wawasan serta menambah nasionalisme kecintaan terhadap NKRI,” tukasnya.

Tak lupa pula, Dyah yang juga seorang jurnalis ini mengucapkan selamat kepada IWO Malang Raya dan Santri Mendunia yang telah menyelenggarakan Webinar Internasional Jurnalistik.

“Semoga media online membawa kemaslahatan bagi kita semua. Selamat Hari Pers Nasional yang ke tujuh puluh lima tahun,” ujar Dyah.

Sementara itu, dengan dibukanya Webinar Internasional Jurnalistik 2021 yang terkoneksi di 30 negara dan 34 provinsi ini, rasa bangga diungkapkan oleh Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q., M.A, ketika Ketua IWO Malang Raya Rudi Harianto, C.ST MI, saat menyerahkan sertifikat penghargaan kepadanya,

“Terimakasih kepada Pak Rudi Harianto, saya bangga telah diundang webinar dan hal ini menambah semangat bagi diri saya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta H. Anies Baswedan, Ph.D memberikan greeting speech atas terselenggaranya webinar.

“Izinkan saya mengucapkan selamat kepada Ikatan Wartawan Online Malang Raya, tema webinar cukup menarik. Saya berharap acara ini menjadi ajang tukar pikiran gagasan, pengalaman untuk mengantisipasi perubahan karena pasca pandemi kita akan masuk era baru,” tutur Anies Baswedan.

Ketua Umum Santri Mendunia Moh Abdul Aziz Nawawi, S.Pd,I., M.Pd., C.STMI., CCT.NNLP., C.SHNI-CH.,C.PS., dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini hal yang paling dibutuhkan adalah kolaborasi.

“Santri Mendunia tidak bisa berjalan sendiri. Untuk dapat tetap terkoneksi, berkarya dan bermakna bagi sesama maka kita harus kolaborasi untuk kesuksesan bersama,” ucapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris IWO Malang Raya, Santoso juga menegaskan, bahwa webinar ini diselenggarakan guna meningkatkan dan mengembangkan pola pikir yang kritis, kolaboratif, komunikatif dan produktif serta kreatifitas yang ditopang oleh tiga hal.

“Yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual melalui jurnalistik,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Webinar Internasional Jurnalistik ini secara khusus menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Webinar ini juga membahas tentang isu faktual yang terjadi di masyarakat dewasa ini, diantaranya:

  1. Diskominfo Provinsi Jawa Timur, Eko Setiawan, S.I.Kom., M.Med.Kom membahas tentang Media, Jurnalis dan Fenomena Gunung Es Pornografi.
  2. Anggota Dewan Pers yang merupakan Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers Arif Zulkifli membawakan materi bertema Kebebasan Pers dan Ancaman Pembungkaman Masyarakat Sipil.
  3. Rektor Universitas Gajayana Malang. Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M, membawakan materi bertema Jurnalisme Keberagaman Bagi Insan Akademis Untuk Perdamaian Bangsa.
  4. Researcher LIPI dari University Of Melbourne, Australia, Wasisto Raharjo Jati, S.IP membawakan materi bertema Menyibak Pola Pemberitaan Media dengan Bingkai Hak Asasi Manusia (HAM).
  5. Mentor Santri Mendunia dari DBA IPAG Business School Paris, France, Dr. Muh. Dhafi Iskandar, S.E., M.Sc membawakan materi bertema Media Digital dan Jurnalisme di Prancis.
  6. Akhol Firdaus, Pengamat Sosial, Penulis dan Akademisi IAIN Tulungagung membawakan materi Masyarakat dan Transformasi Digital.

Selain itu, perserta yang tergabung dalam webinar ini terkonfirmasi sebanyak 1000 peserta zoom meeting dan live youtube.

Ditambah, acara semakin menarik dengan kehadiran selebgram dan influencer yang juga seorang pelantun shalawat, Veve Zulfikar. (Eko/zuk).