Penuh Keseruan, SAMBA IKIP Budi Utomo Tebar Doorprize dan Beasiswa

Rektor IBU bersama Maba yang di tunjuk untuk membacakan Deklarasi Sebagai Mahasiswa IBU

BACAMALANG.COM – Mengawali pembelajaran secara offline IKIP Budi Utomo (IBU) Sambut Mahasiswa Baru (SAMBA) tahun akademik 2022/2023 di kampus C, Kamis (04/08/22).

SAMBA Fest, Merdeka dan Heppiee Episode #1. Merdeka yang artinya Samba Fest pertama ini, dilaksanakan di bulan kemerdekaan, maba IBU dalam rangka memupuk spirit kemerdekaan dalam belajar. Sebagaimana yang menjadi program
Kemdikbudristek.

Selanjutnya Heppiee yang berarti, proses pendidikan di IKIP Budi Utomo bertumpu pada budaya akademik yang membahagiakan. Hal ini seperti yang dijelaskan Rektor IKIP Budi Utomo, Nurcholis Sunuyeko di Kampus C, Kamis (4/8/2022).

“Samba Episode #1, diikuti 300 mahasiswa dengan 7 Program Studi S1, yakni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Sejarah dan Sosiologi, Prodi Pendidikan
Matematikan, Prodi Pendidikan Biologi dan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan. Nantinya, akan disusul Samba Epsiode selanjutnya. Melibatkan mahasiswa baru dengan fun games yang mengikat rasa persaudaraan. Selain itu dimeriahkan dengan penampilan tari modern, tradisional dan festival kuliner nusantara,” terang Rektor IBU.

Peserta Samba, adalah mahasiswa baru yang datang dari berbagai daerah di wilayah Indonesia, dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Bahkan, salah satu peserta Maba diterima dengan modal optimis ‘tanpa biaya’.

“Kami sampaikan, selamat datang di kampus IKIP Budi Utomo. Kami menyambut kedatangan keluarga baru (maba) tahun ini dengan heppiiee. Ini merupakan awal kita ‘menjamu’. Tujuan kami, adalah bagaimana mahasiswa dapat mengenyam pendidikan tinggi dengan senang, dengan bahagia,” lanjut rektor.

Karena senang dan bahagia, masih kata Rektor, menjadikan mood booster. Hal ini dapat meningkatkan daya serap mahasiswa terhadap ilmu dan pengalaman.

“Di bulan kemerdekaan ini, juga selaras dengan Merdeka Belajar yang dilaksanakan di IKIP Budi Utomo. Dan kurikulumnya dijamin membahagiakan, fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan pasar dan masa depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PMB, Dr. Nopem Kusuma Ningtyas menerangkan, Samba diikuti 300 mahasiswa, untuk memberi kesan khusus kepada para calon mahasiswa baru (camaba)

“Semakin terkelompokkan ke dalam kelompok kecil, akan semakin mengenal satu sama lain. Jadi 300 berikutnya akan kami SAMBA-kan di episode #2, #3 Begitu juga, seterusnya, sampai semua ter-Samba-kan, hingga 1000 mahasiswa lebih,” tandasnya. (Him)