Satpol PP Kota Malang Segera Tindak Tegas Masyarakat Pembuang Sampah Sembarangan

ilustrasi (ist)

BACAMALANG.COM – Masyarakat hendaknya berhati-hati jika membuang sampah, jangan sampai membuang sampah sembarangan, pasalnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang akan memberikan tindakan tegas kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Satpol PP Kota Malang dalam waktu dekat, berencana menggelar operasi tangkap tangan bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan terkait hal tersebut.

Kabid Ketenteraman dan Ketertiban Umum (KKU) Satpol PP Kota Malang, Rahmat Hidayat mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait membahas rencana operasi tersebut.

“Jadi minggu kemarin, kami telah berkoordinasi dengan DLH Kota Malang, camat, akademisi, dan penggiat lingkungan. Hasil dari pertemuan tersebut, kami sepakat untuk menegakkan Perda Kota Malang No 7 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Sampah,” ujarnya Kamis kemarin (4/8/2022).

Dirinya menjelaskan, operasi tangkap tangan bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan perlu segera dilakukan.

“Beberapa waktu lalu, Kota Malang banjir karena drainase tersumbat oleh sampah yang dibuang sembarangan. Yang kedua, DLH Kota Malang sudah kewalahan mengambil sampah di aliran sungai dan drainase. Sehingga, perlu ada penegakan hukum yang konsisten dan masif,” jelasnya.

Rencananya mulai minggu depan, Satpol PP Kota Malang akan melaksanakan operasi tangkap tangan tersebut. Bagi masyarakat yang terbukti membuang sampah sembarangan, akan langsung didatangi serta dibuatkan BAP untuk mengikuti Sidang Tipiring.

“Rencananya, minggu depan kita sudah melaksanakan operasi. Saat ini tim Satpol PP Kota Malang telah bergerak memantau dan melakukan pemetaan lokasi-lokasi mana yang sering dijadikan lokasi pembuangan sampah sembarangan,” urainya.

Rahmat menambahkan, bahwa operasi tangkap tangan bukan hanya berlaku untuk perilaku buang sampah sembarangan, namun juga pembakar sampah juga akan di tindak.

“Bagi masyarakat yang membakar sampah, mencampur sampah dengan limbah B3, atau mendirikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar, juga akan menjadi sasaran dalam operasi tangkap tangan ini,” bebernya.

Diharapkan melalui operasi tangkap tangan ini, kesadaran dari masyarakat akan timbul untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami berharap, masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah secara sembarangan. Kami juga meminta partisipasi dari masyarakat, untuk menegur dan mengimbau apabila melihat ada yang membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.(Him)