Viral Pernikahan Anjing dengan Adat Jawa, Ruwiyanto: Menciderai Perasaan Wong Jowo

Thumbnail akun YouTube Bobby Sant yang meng-upload pernikahan Anjing dengan adat Jawa. (ist)

BACAMALANG.COM – Pernikahan sepasang anjing Jojo dan Luna yang viral di media sosial banjir protes dari berbagai pihak di tanah air. Salah satunya dari Pelaku Seni dan Budaya Jawa di Malang, Ruwiyanto. Ia mengecam keras para pelaku dan seluruh yang terlibat prosesi pernikahan hewan tersebut yang dikemas dengan kirab manten adat Jawa.

“Pernikahan hewan yang dikemas dengan prosesi manten adat Jawa sangat menciderai budaya Jawa yang bersumber dari keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta, yang adiluhung,” tandas Ruwiyanto kepada BacaMalang.com, Selasa (18/7/2023).

Pria yang kerapkali mendapat order memandu acara (MC) pernikahan adat Jawa ini merasa tersinggung dan mendesak pelaku minta maaf secara terbuka.

“Sebagai pelaku seni dan budaya warisan leluhur, saya sangat tersinggung. Kami meminta para pelaku meminta maaf secara terbuka karena telah menciderai perasaan Wong Jowo,” tegasnya.

Pelaku Seni dan Budaya Jawa di Malang, yang juga Ketua Pembina Yayasan Sedekah Masyarakat Indonesia (SEMAIN) Ruwiyanto. (ist)

Dikatakan pria yang juga Ketua Pembina Yayasan Sedekah Masyarakat Indonesia (SEMAIN) ini, jika para pelaku tidak meminta maaf, maka pihaknya bakal melaporkan pelecehan budaya tersebut ke pihak berwajib.

“Prosesi kirab manten adat Jawa memiliki filosofi dan bernilai budaya tinggi bagi orang Jawa, maka jangan seenaknya saja memakai untuk sesuatu hal yang kurang pada tempatnya,” urainya.

Seperti heboh diberitakan media, pengguna media sosial digemparkan video memperlihatkan pernikahan anjing dengan sangat mewah beradat Jawa, terekspos di akun Instagram @braveryindonesia, diunggah Sabtu (15/7/2023).

Valentina Chandra selaku pemilik mempelai pria (Jojo) dan Indira Ratnasari pemilik mempelai wanita (Luna) menghelat pernikahan di Hyde Park Central Market, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, menghabiskan dana Rp 200 juta.

Bahkan pada akun YouTube Bobby Sant dengan Judul VIRAL !!! Pesta Pernikahan Anjing Telan Biaya Ratusan Juta – The Royal Wedding Jojo & Luna, video tersebut telah ditonton 12 ribu viewer.

Pewarta : Hadi Triswanto
Editor/Publisher : Aan Imam Marzuki