Kasus Covid-19 di Jatim Terus Naik, Gubernur Khofifah Ingin Ini

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau rumah sakit darurat di Surabaya (ist)

BACAMALANG.COM – Angka kasus Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Jawa Timur terus mengalami kenaikan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menginginkan agar keberadaan rumah sakit lapangan atau darurat dimaksimalkan.

Hal ini diungkapkan Khofifah saat meninjau RS Lapangan Covid-19 Jatim di Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Jalan Indrapura 17 Surabaya, Jum’at (22/5/2020).

“Yang kita ingin bahwa yang di RS rujukan itu yang kondisi berat, yang ringan dan sedang seyogyanya kita siapkan di rumah sakit lapangan seperti sekarang. Kalau total dengan ekstensifikasi kamar-kamar itu semua, bisa sampai 500 bed,” kata Khofifah.

Khofifah pun menyebutkan rumah sakit darurat itu diperuntukkan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kategori ringan. Rumah sakit darurat itu sendiri dilengkapi berbagai fasilitas penunjang.

“Kita siapkan juga ICU, Ventilator, hingga sarana pemulasaraan di belakang juga kita siapkan,” ucap orang nomor satu Jatim ini.

Sebagai informasi, rumah sakit darurat ini dibangun dengan dua basis utama, yaitu gedung dan tenda. Satu gedung utama tengah dalam persiapan sedangkan lima ruangan berbasis tenda telah rampung pengerjaannya. Kelima tenda tersebut nantinya akan dibagi peruntukannya yaitu, tenda pasien wanita, tenda pasien pria, tenda screening dan tenda untuk keperluan administrasi.

Sedangkan untuk kesediaan tenaga kesehatan, Pemerintah Provinsi Jatim akan melakukan kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI. Bersama IDI dan PPNI akan dilakukan perekrutan tenaga relawan guna pengoptimalan pelayanan medis bagi pasien. (mid/yog)