SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Cetak Lulusan Berkepribadian Pancasila

Foto: Arif Djoko Suryadi, Kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen saat melakukan prosesi wisuda. (ist)

BACAMALANG.COM – SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kembali mewisuda siswa-siswinya tahun ajaran 2020 -2021. Lulusan SMK yang terletak di Jalan Bromo Kepanjen ini, diharuskan memiliki kepribadian Pancasila yang mempunyai karakteristik enam ciri khas, antara lain Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Gotong-Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.

“Sekolah di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebagai monumen Malvocs dan kenangan kita semua. Untuk itu kami meminta siswa mendem jero mikul dhuwur. Apalagi kelulusan ini adalah awal kehidupan di dunia nyata terjun di masyarakat, bukan akhir dari sebuah kehidupan,” ungkap Arief Djoko Suryadi, Kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Ia menjelaskan, pada tahun ini lembaganya mewisuda 119 siswa. Terdiri dari Jurusan Produksi Film 21 siswa, Perbankan Syariah 21 siswa, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTK) 46 siswa, Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) 31 siswa. “Wisuda ini tetap memberlakukan protokol kesehatan, kegiatan juga dihadiri satgas Covid-19 se Kecamatan Kepanjen,” paparnya.

Untuk diketahui, sejumlah lulusan SMK ini sudah masuk bursa dunia kerja. Selain juga ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Bahkan, pihak sekolah juga sudah membuat MoU sebagai sekolah pusat keunggulan yang mana dalam meningkatkan kualitas tenaga pengajar telah dibantu oleh Kemendikbud sebesar Rp 200 juta dengan harapan ada prubahan kurukulum yang bisa membawa kemajuan lembaga pendidikan.

“Bahkan meskipun ditengah pandemi, hasil karya anak didik Kami seperti membuat film, juga sudah bisa berbicara di level Kabupaten Malang hingga Nasional,” tuturnya.

Tari Gandrung asal Banyuwangi memeriahkan acara wisuda Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. (ist)

Sugeng, Lurah Kepanjen juga mengapresiasi atas kesuksesan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen telah menghantarkan peserta didiknya dalam proses mencerdaskan anak bangsa dengan meningkatkan kualitas generasi muda.

Sedangkan perwakilan siswa, Lely Maulidiyah, mengaku berterimakasih kepada para guru hingga kepala sekolah yang telah memberikan kecerdasan kemampuan berpikir kreatif dalam menyambut kehidupan baru di tengah masyarakat.

“Selama belajar di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kami telah ditempa melalui belajar berdiskusi, berwirausaha, menjadi pribadi yang berkarakter sesuai dengan agama dan bangsa Indonesia-an,” tandasnya.

Dalam acara wisuda kali ini, juga dimeriahkan dengan Tari Gandrung asal Banyuwangi, Tari Kontemporer karya guru SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan pemutaran film karya siswa Jurusan Produksi Film. (yon)