Stop PMK, Polres Malang Dampingi Vaksinasi Ternak di Empat Kecamatan

BACAMALANG.COM – Dalam upaya menanggulangi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Polres Malang menjalankan giat mendampingi pelaksanaan vaksinasi di empat Kecamatan.

Salah satunya dijalankan di Kecamatan Wagir. Kapolsek Wagir, AKP Fajar Rianu menugaskan anggota melaksanakan pendampingan kegiatan Vaksinasi PMK oleh Dinas Peternakan di Desa Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, baru-baru ini.

Sebanyak 100 dosis Vaksin PMK merek Aftopur yang disuntikan pada sapi pedaging milik warga. “Vaksinasi ternak sapi tersebut adalah kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu peternak. Karenanya, setelah Vaksin tiba langsung dikoordinasikan bersama dinas terkait untuk segera turun dan bergerak ke lapangan guna melakukan vaksinasi,” terang Kapolsek.

Vaksinasi akan dilanjutkan secara bertahap di seluruh wilayah Kecamatan Wagir, dan diharapkan bisa memenuhi masyarakat.

Kegiatan serupa juga dijalankan di Kecamatan Gedangan. Kapolsek Gedangan AKP Yoyok Supandi melaksanakan pengecekan hewan ternak untuk deteksi dini wabah Penyakit Mulut dan Kuku di salah satu peternak Desa Gedangan Kecamatan Gedangan.

Diungkapkannya giat ini guna memastikan ternak warga bebas dari penyakit mulut dan kuku, dan pihaknya terjun langsung ke lapangan mengunjungi para peternak sapi atau kambing.

Dilakukan pula Imbauan peternak hewan sapi dan kambing untuk menjaga kebersihan kandang. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan dengan penyemprotan disinfektan, serta selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan maupun Dinas Pertanian.

Dalam kegiatan pengecekan, petugas juga melaksanakan edukasi tentang langkah langkah penanganan bila terdeteksi PMK di ternak warga secara berkala, serta dilakukan pengecekan kesehatan, dan memberikan vitamin.

Pada bagian lain, Kapolsek Pagelaran IPTU Sugik Hernawan.,S.Pd, memerintahkan anggotanya Babinkamtibmas Desa Brongkal Aiptu Roedy bersama Kanit Samapta IPTU Riswanto langsung turun ke lokasi melakukan pengecekan dan sosialisasi pada peternak Samin di Desa Kanigoro.

Dikatakannya pihaknya mengimbau peternak sapi memperhatikan tanda-tanda atau gejala serangan PMK pada sapi. Diharapkan bila ada indikasi penyakit PMK segera melapor atau koordinasi dengan petugas agar segera ditindaklanjuti.

Kegiatan yang sama dilakukan di Ampelgading. Kapolsek Ampelgading AKP Budi Mulyono menugaskan Aiptu Wijang melaksanakan pemantauan kunjungan terkait wabah Penyakit Kuku dan Mulut di Desa Tirtomarto.

“Saya berkordinasi dengan Mantri Kesehatan Ampelgading Hewan agar secara bersama – sama aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat Ampelgading yang memiliki hewan ternak agar selalu diperhatikan kebersihan kandangnya,” pungkasnya. (*/had)