Sukseskan BIAN, Posyandu Fatmawati 1 Sukoharjo Kebut Imunisasi Anak

Pelaksanaan imunisasi di Posyandu Fatmawati 1, Kelurahan Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Rabu (3/8/2022). (ned)

BACAMALANG.COM – Pemerintah Kota Malang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat di bidang kesehatan. Lewat pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, Dinas Kesehatan menggenjot imunisasi anak untuk mengatasi kekurangan cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi Covid-19.

Seperti imunisasi yang digelar di Posyandu Fatmawati 1, Kelurahan Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Rabu (3/8/2022).

Ketua TP PKK Kelurahan Sukoharjo Indri Hariyani di sela kegiatan menuturkan, imunisasi ini dalah rangkaian dari Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 yang dicanangkan pemerintah secara serentak pada 1 Agustus 2022 lalu.

“Sesuai peraturan, targetnya adalah semua anak berusia 9-59 bulan, meskipun ada penundaan bagi anak-anak yang kondisinya kurang fit,” ujarnya.

Dikatakan Indri Hariyani, pelaksanaan imunisasi yang bekerjasama dengan tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas di wilayahnya ini sebagai upaya agar anak tetap sehat, dan Kota Malang diharapkan bebas dari CRS atau Congenital Rubella Syndrome, yang merupakan kumpulan gejala akibat infeksi virus rubella selama kehamilan.

Penimbangan berat badan balita di Posyandu Fatmawati 1, Kelurahan Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Rabu (3/8/2022). (ned)

Ny Isnaeni dari RW 07 Kelurahan Sukoharjo menambahkan, sedikitnya 64 anak yang tercatat di posyandu ini diberi imunisasi lengkap.

“Khususnya untuk MR atau measless-rubella sebagai upaya mencegah campak dan rubella, yang tetap diberikan bagi anak yang belum komplit imunisasinya. Jadi untuk kelanjutannya akan disesuaikan dengan jadwal imunisasinya masing-masing,” ujarnya.

Ia menuturkan, imunisasi ini juga dilanjutkan dengan pencatatan rutin perkembangan anak di posyandu. Agar anak-anak merasa nyaman, pihaknya juga menghias posyandu dengan hiasan balon, souvenir bendera kecil serta mengenakan kostum nuansa merah putih bagi para kadernya.

“Kebetulan BIAN ini pelaksanaannya di bulan Agustus, sehingga kami menyesuaikan dengan tema merah putih untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI,” tandasnya.

Pelaksanaan imunisasi di bulan Agustus 2022 di Kota Malang ini menyasar sebanyak 39.971 anak, dengan target minimal 95 persen, dan rentang umur 9-59 bulan.

Melalui BIAN, pemberian imunisasi tambahan MR ini untuk melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Jadwal pelaksanaan BIAN di Kota Malang, yakni 1-16 Agustus melalui 653 pos yang tersebar di seluruh wilayah Kota Malang. Pelaksanaan BIAN akan didukung oleh tenaga kesehatan puskesmas dan tenaga kesehatan swasta Kota Malang dengan jumlah kegiatan 653 kali kegiatan. (ned)