Tangani PMK, Polres Malang Jalankan Tiga Giat Sinergis

Kegiatan sambang peternak di Gedangan. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk menangani wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, Polres Malang melakukan 3 kegiatan sinergis, mulai dari inovasi Vaksinasi Door to Door, Sambang Peternak dan penyekatan kendaraan, belum lama ini.

Kapolsek Kepanjen Kompol Sri Widyaningsih, S.H memimpin kegiatan vaksinasi ternak door to door bersama Muspika Kepanjen Jumat (4/8/2022) pagi di Desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen.

“Kami telah melakukan pemantauan kegiatan vaksinasi bersama Muspika Kepanjen dan Dinas Peternakan Kabupaten Malang untuk mendorong warga melaksanakan vaksinasi terhadap ternak terutama sapi mencegah penularan PMK dan agar ternaknya sehat,” tukasnya.

Sementara itu Kapolsek Gedangan AKP Yoyok Supandi melaksanakan pengecekan hewan ternak warga guna deteksi dini terkait wabah PMK di salah satu peternak Desa Gedangan Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jumat siang (5/8/2022).

“Guna memastikan ternak warga bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku, kami terjun langsung ke lapangan dan mengunjungi para peternak sapi atau kambing,” tandas Yoyok.

Tak lupa juga ia mengimbau peternak hewan sapi dan kambing untuk memastikan kebersihan kandang. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan dengan penyemprotan disinfektan, serta selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan maupun Dinas Pertanian.

Kegiatan vaksinasi ternak door to door di Kepanjen. (ist)

Dalam kegiatan pengecekan, petugas juga melaksanakan edukasi tentang langkah-langkah penanganan bila terdeteksi PMK diternak warga secara berkala, serta dilakukan pengecekan kesehatan, dan memberikan vitamin.

“Upaya pencegahan lebih baik dilakukan daripada melakukan upaya pengobatan. Akibat dari penyakit mulut dan kuku bisa diketahui bersama dampak terburuknya terhadap para peternak,” jelasnya.

Pada bagian lain, Polsek Sumberpucung melaksanakan kegiatan penyekatan bersama Koramil Sumberpucung, serta tenaga kesehatan Dinas Peternakan Kabupaten Malang melakukan penyekatan mobil pengangkut hewan ternak sapi ataupun kambing yang akan memasuki wilayah Malang bertempat di perbatasan wilayah Malang – Blitar di simpang empat Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang, Jumat (5/8/2022).

“Kami melakukan penyekatan ini demi kebaikan bersama, khususnya para peternak hewan. Kami khawatir kalau nanti wabah PMK ini menyebar dan merugikan para pemilik hewan ternak karena, mengingat di berita sudah banyak hewan ternak di Kabupaten Malang yang sudah tertular PMK,” tukas
Kapolsek Sumberpucung AKP Lukman Hudin S.H.

”Saat kita ketahui ada mobil pick up atau truk yang mengangkut hewan ternak, petugas kesehatan hewan langsung mengecek kondisi kesehatan ternak tersebut guna memastikan sehat maupun sakitnya hewan, sehingga kegiatan yang Kami laksanakan bisa mendapatkan hasil yang valid dan maksimal. Kami juga melaksanakan penyekatan tidak hanya di pagi atau siang hari saja, sorepun Kami juga melakukan penyekatan terhadap lalu – lintas kendaraan pengangkut hewan ternak,” kata Lukman.

Dari hasil penyekatan tersebut tidak ditemukan kendaraan yang sedang mengangkut hewan ternak. Selama proses penyekatan terhadap kendaraan yang mengangkut hewan ternak berjalan lancar, aman dan kondusif.(*/had)