Harga Ikan Laut TP Sendangbiru Meroket, Terdampak Cuaca Ekstrim

Para nelayan sedang menata ikan hasil tangkapan. (ist)

BACAMALANG.COM – Harga ikan laut di TP Sendangbiru Malang Selatan, kini merangkak naik. Hal ini dipicu adanya cuaca ekstrim dan musim paceklik yang disebut musim baratan yang terjadi beberapa waktu terakhir ini.

“Waduh, hasil tangkapan nyaris tidak ada Mas. Ikan yang ada di TPI itu ikan dari cold storage yang dikeluarkan,” kata Nelayan Pantai Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Budi Hari, Kamis (13/1/2022).

Ia mencontohkan, harga ikan Tuna yang sebelumnya hanya Rp 25-27 ribu perkilogram, kini menembus harga Rp 37 ribu perkilogram. “Biasanya per kilogram ikan Tuna ukuran 2 kilogram itu hanya Rp 25-27 ribu, sekarang bisa Rp 37 ribu,” terangnya.

Bahkan, ikan Tongkol yang sebelumnya hanya Rp 12-13 ribu perkilogram, kini dijual Rp 25 ribu perkilogram. Itupun jarang didapati, karena hasil tangkapan menurun signifikan.

Sebagai informasi, cuaca ekstrem akhir-akhir ini menjadikan nelayan di Malang Selatan mengalami musim paceklik, gelombang air laut tinggi hingga mencapai 10 meter di tengah dan 4 meter di tepi pantai. (*/had)