KPU Kabupaten Malang Gelar Bimtek Coklit

Foto: KPU Kabupaten Malang Gelar Bimtek Coklit. (ist)

BACAMALANG.COM – KPU Kabupaten Malang menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) dan mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020.

“Alhamdulillah Kami telah menggelar Bimtek dan mengikuti Rakor Sosialisasi yang berjalan sukses. Dengan adanya dua kegiatan ini Kami berharap Pilbup bisa berjalan sesuai aturan dan harapan,” tandas Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini, Rabu (8/7/2920).

Kegiatan Bimtek pemutakhiran data pemilih diadakan di Kota Batu dengan
peserta adalah anggota PPK dari 33 kecamatan. Dalam Bimtek dilakukan pembahasan tentang jadwal pelaksanaan coklit disepakati 15 Juli – 13 Agustus 2020. Dipaparkan juga penjelasan jenis formulir, stiker, tanda pengenal dan tata cara pengisian serta penggunaannya.

Selain itu dijelaskan pula tata cara coklit, tata cara penerapan protokol kesehatan saat coklit (menggunakan APD, jaga jarak, hindari kontak fisik, cuci tangan, sedia antiseptik, kunjungan ke rumah pemilih cukup di teras/tidak masuk ke rumah dan diupayakan tidak terlalu lama, dan sterilisasi peralatan setelah usai kerja. Materi bimtek akan diteruskan oleh PPK kepada PPS, lalu dari PPS kepada PPDP

Sementara itu, KPU juga mengikuti Rapat Koordinasi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 diadakan KPU Jatim, bertempat di gedung kesenian Aryo Blitar. Peserta meliputi anggota KPU Kab/Kota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, SDM dan Kasubbag Teknis dan Humas dari 19 Kab/Kota.

Materi meliputi review pembentukan PPDP di KPU Kab/Kota, mekanisme pembentukan PPDP, pelaksanaan rapid tes dan bimtek kepada PPDP, pembahasan metode sosialisasi dalam tahapan dengan penyesuaian program dan kegiatan yang diiringi pelaksanaan protokol kesehatan, konsep sosialisasi tahapan pemutakhiran data pemilih dengan
mengutamakan protokol kesehatan.

“Semoga dengan adanya bimtek dan rakor bisa meningkatkan kinerja serta pemahaman warga akan pilbup lebih baik,” pungkas Anis. (Had/Red)