Respon Cepat Laporan Masyarakat, Polsek Turen Amankan Pelaku Balap Liar

Pelaku balap liar diamankan di Polsek Turen. (ist)

BACAMALANG.COM – Polres Malang merespon cepat atas laporan masyarakat adanya balap liar di wilayah Turen. Kapolsek Turen Kompol Suko Wahyudi memimpin Unit Patroli Polsek Turen dan berhasil mengamankan pelaku balap liar di Jalan Raya Panglima Sudirman, Kelurahan Turen, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Menurut laporan warga pada malam Sabtu dan malam Minggu kerapkali di jalan tersebut sering dijadikan lokasi balap liar, sehingga hal tersebut mengganggu aktifitas pengguna jalan dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah kami berhasil mengamankan puluhan remaja yang sedang melalukan aksi balap liar,” jelas Kapolsek.

Ketika Unit Patroli datang, para remaja yang melakukan balap liar dan menonton tersebut berhamburan untuk kabur dengan berbagai cara, sehingga ada juga yang sampai membahayakan pengguna jalan lainnya.

Namun tak kurang cekatan, Anggota Polsek Turen berhasil menghentikan dan mengamankan beberapa remaja serta motor yang diketahui sebagai tokoh utamanya.

“Mereka merupakan para remaja yang dilaporkan oleh masyarakat sering melakukan balap liar disini tidak hanya satu kali,” jelas Kapolsek.

Saat pengepungan, ada sejumlah remaja yang menyerahkan diri karena tidak bisa berkutik, beberapa diantaranya melarikan diri menghindari petugas, adapula yang meninggalkan kendaraannya.

“Meskipun ada beberapa yang berhasil kabur, namun satu diantaranya Kami amankan yang merupakan joki motor balap liar,” jelas Kapolsek.

Kendaraan balap liar serta beberapa kendaraan milik penonton yang ditinggalkan di lokasi tersebut kemudian dibawa dan diamankan ke Mapolsek Turen.

“Kendaraan tersebut tidak kami tilang, melainkan diberi kebijakan untuk dilengkapi surat-surat dan onderdilnya,” jelas Kapolsek.

Kendaraan yang diketahui tidak lengkap dan tidak sesuai standard akan diberi kesempatan oleh Kapolsek Turen untuk dilengkapi, adapun knalpot brong yang sudah terpasang akan disita dan pemiliknya diwajibkan memasang yang standart.

“Para remaja tersebut akan kami beri penyuluhan, baik secara langsung kepada mereka maupun melalui orangtua mereka,” jelasnya.

Tak hanya itu, untuk memberikan efek jera dan malu, Kapolsek Turen meminta para remaja tersebut untuk membuat surat pernyataan dengan diketahui Kepala Desa tempatnya tinggal.(*/had)