Cegah Kanker Hingga Serangan Jantung, Ini Manfaat Kedelai Bagi Tubuh

Manfaat kedelai bagi tubuh (ist)

BACAMALANG.COM – Di Indonesia, kedelai merupakan komoditas pangan terpenting setelah padi dan jagung. Produk olahan kedelai sangat mudah ditemui di sekitar kita. Bahkan kedelai memiliki peran penting bagi ekonomi, kesehatan dan pangan di Indonesia. Produk olahan kedelai yang sering kita temui di pasar adalah tempe dan tahu. Karena tempe dan tahu mendominasi pemanfaatan kedelai sebagai sumber bahan pangan dan lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat, konsumsi tahu dan tempe ini sebagai lauk dari menu makan di rumah. Tempe merupakan makanan berbahan dasar kacang kedelai, tempe dibuat dari fermentasi terhadapa biji kedelai dengan menggunakan jamur Rhizopus Orizae atau biasa disebut ragi tempe. Kita harus bangga dengan tempe, karena tempe sebagai identitas bangsa Indonesia.

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Warga Indonesia sendiri juga suka mengkonsumsi produk makanan dari bahan baku kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan berbagai makanan ringan lainnya. Sering kita temui produk kedelai di sekitar, namun beberapa orang tidak mengetahui bahwa kedelai memiliki kandungan protein nabati yang tinggi.

Pakar Nutrisi dan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Rimbawan menjelaskan dari sisi protein, kedelai memiliki protein yang baik. Kacang kedelai juga dapat mengontrol berat badan karena kenyang lebih lama, protein yang dimiliki oleh kedelai sangat tinggi setara dengan daging sapi.

“Apabila kita jejerin dengan tanaman nabati lainnya, maka kita akan liat protein yang ada kedelai jumlahnya tinggi, dan kedelai merupakan satu dari sekian protein yang ada di tanaman mempunyai kualitas yang baik,” kata Rimbawan saat memberikan penjelasan melalui webinar, Senin (21/09/2020).

Produk olahan kedelai yang melewati proses fermentasi yang sering kita temui yaitu tempe, kecap, miso, natto, tahu, tauco dan susu kedelai. Jarang diketahui bahwa kedelai memiliki kandungan isoflavon juga berfungsi menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol darah. Isoflavon juga berperan dalam mengurangi risiko serangan kanker payudara dan kanker rahim.

Selain itu, ternyata kedelai masih mengandung banyak manfaat lainnya. Apa saja manfaat yang diberikan oleh kedelai? Berikut penjelasan Dr. Rimbawan.

Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol serta susu kedelai juga dapat menyehatkan perut kita. Senyawa yang bernama isoflavon ini bentuknya mirip seperti estrogen, estrogen itu hormon perempuan, namun estrogen yang terdapat di kedelai itu sifatnya berbeda dengan hormon perempuan. Susu kedelai juga bebas dari laktosa.

Kandungan isoflavon yang terdapat dalam kedelai dapat menguranngi kerutan di wajah dan dapat digunakan sebagai kesehatan kulit. Menurut Dr Rimbawan konsumsi kedelai secara oral selama 14 minggu berturut-turut secara signifikan dapat mengurangi kerutan di wajah, pengaruh isoflavon terhadap kulit dapat menurukan kerutan di kulit. Sifat-sifat kacang itu positif bagi kecantikan kulit seperti yang dimiliki oleh kacang kedelai.

Selanjutnya, konsumsi pangan berbahan dasar kedelai dapat meningkatkan fungsi kognitif pada manusia, dan juga mengkonsumsu kedelai yang mengandung isoflavon akan menurunkan risiko orang untuk tidak mudah lupa dan menjaga daya ingatnya.

Selain diatas, masih ada banyak lagi manfaat yang diberikan oleh kedelai untuk tubuh kita. Yaitu, menyediakan protein berkualitas tinggi, meningkatkan kesehatan tulang, mencegah dan menurunkan risiko kanker prostat dan payudara, memperbaiki kondisi kesehatan masa menopause, memperbaiki fungsi kognitif lansia, dan menjaga kesehatan kulit.

Sebagaimana diketahui, Kota Malang, merupakan sentra industri tempe. Hal itu bisa dilihat di daerah Sanan Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing. Kampung Sanan merupakan salah satu pusat pembuatan dan pengolahan tempe yang berada di wilayah Kota Malang. Pengrajin makanan berbahan dasar kedelai di daerah ini banyak menghasilkan berbagai produk olahan. Seperti keripik tempe, stik tempe, brownies tempe, tempe coklat dan pia tempe. Penjualannya juga tidak hanya nasional namun hingga ke pasar internasional. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi oleh-oleh yang sering dikunjungi wisatawan dan masyarakat Kota Malang.

Di dalam pandemi Covid ini kedelai juga sangat baik bagi asupan gizi tubuh, seperti olahan tempe yang mudah ditemukan disekitar kita dengan harga yang terjangkau. Kalau bisa kita meningkatkan produksi kedelai dengan menggunakan halaman kecil di rumah.(wah/zuk)