Cegah Bahaya Narkoba Sejak Dini, Ratusan Siswa SMAN 02 Kota Batu Jalani Tes Urine

Ratusan siswa dan siswi SMAN 02 Kota Batu, saat menjalani tes urine yang dilakukan oleh BNN Kota Batu. (Eko)

BACAMALANG.COM – Ratusan siswa dan siswi SMAN 02 Kota Batu, pada Selasa (2/8/2022) pagi menjalani tes urine di sekolahannya yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu.

Kegiatan yang dilakukan sehari sejak pagi oleh BNN Kota Batu ini bekerja sama dengan Satgas Narkoba SMAN 02 Kota Batu berjalan lancar dan tertib.

Sebagian siswa dan siswi sebelum menjalani tes urine sempat melakukan olahraga pemanasan sebagai bagian dari persiapan fisik, yang kemudian mereka mendapatkan paparan dari petugas BNN Kota Batu terkait bahayanya Narkoba.

Staf Pencegahan dan Pemberdayaan  Masyarakat BNN Kota Batu Yesista Meita  menjelaskan, bahwa dengan diadakan tes urine untuk siswa dan siswi ini dapat memiliki imun terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan sadar akan kegiatan dirinya.

“Selain tes urine narkoba, kami juga melakukan edukasi atau pembinaan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba  bagi pelajar. Pelajar sehat berkualitas tanpa narkoba,” terang Yesista.

Menurutnya, dari tes urine yang dilakukan sekarang ini belum bisa diketahuinya, baru tiga hari kemudian hasil tes akan dikirim ke sekolahan.

“Alat tes yang digunakan adalah tes THC dan BZO, yang mana alat tersebut dapat mendeteksi penggunaan ganja dan obat-obatan psikotropika,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakasek SMAN 02 Batu, Bidang Humas, Wahyu Tri Andayani menyampaikan, jika tes urine di SMAN 02 Batu ini, diikuti oleh siswa dan siswi peserta didik baru kelas X dengan jumlah 354 siswa.

“Sementara yang tidak ikut tes urine 5 siswa karena mereka sakit. Tujuan dari tes urine oleh BNN Kota Batu adalah untuk mendeteksi sejak dini keterlibatan peserta didik terhadap penggunaan narkoba,” tutur Wahyu yang juga guru Bahasa Jepang ini.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan tersebut dari Tim BNN Kota Batu, yang dipimpin oleh Ferry Pambudi dengan jumlah 10 petugas. (Eko)