Kapolresta Malang Tinjau Pelaksanaan Operasi Katarak Gratis

Pelaksanaan operasi katarak gratis (lis)

BACAMALANG.COM – Kapolresta Malang, Kombes Pol. Leonardus Simarmata, bersama jajarannya melaksanakan peninjauan pelaksanaan Baksos Operasi Katarak Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, Senin (1/2).

Peninjauan dilakukan mulai dari lobby masuk RSSA dengan diterapkannya pemeriksaan suhu badan serta memakai hand sanitizer kepada pasien. Selanjutnya memeriksa peralatan Screening bagi peserta Baksos operasi Katarak, dan peninjauan terhadap pasien di Kamar Operasi.

Kapolresta Malang kota menerangkan, bahwa Baksos tersebut merupakan kerja sama antara Polresta Malang Kota, Perdami Malang Raya, SMA Kolese Kanisius (Canisius College) dan PT Arya Noble.

Sebelumnya, pelaksanaan operasi katarak itu talah dilakukan secara massal sebelum pandemi. Namum ditengah pandemi peserta dibatasi dan dilakukan secara bertahap.

“Hasil kerja sama kami dengan RS Saiful Anwar, Perdami Malang Raya, SMA Kolese di Jakarta, dan beberapa sponsor, program operasi katarak gratis ini kami lanjutkan,” kata Leonardus.

Leo menambahkan, bahwa semua pelaksanaan sudah baik bahkan sudah ada pasien yang menjalani operasi pada bulan Januari lalu.

Sementara itu,Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Malang, dr Seskoati SpM(K), mengungkapkan, selama pandemi tindakan operasi katarak tidak bisa dilakukan secara massal, namun hanya bisa dilakukan dua kali dalam sepekan dengan pasien antar dua hingga tiga orang.

“Ada protokol khusus, harus rapid, dan rontgen paru serta pemeriksaan darah. Kalau hasil rapid negatif dan lainnya bagus baru bisa operasi. Harapannya masyarakat tahu kalau penanggaluangan katarak sudah berjalan lagi dan mendaftar ke Urkes Polresta Malang Kota”, katanya.

Sementara itu Dokpol Urkes Polresta Malang Kota, dr Akhmadi Prabowo, mengatakan, dari 750 orang calon pasien yang menjalani screening, hanya 200 pasien yang memenuhi syarat. (Lis/zuk)