Peringati 1 Muharam, SMK di Pakisaji Ini Gelar Acara Unik

SMK Budi Mulia Pakisaji gelar peringatan 1 Muharam diisi fashion show Islami. (ist)

BACAMALANG.COM – Agar tidak ketinggalan zaman, metode pendidikan dan pola pengajaran sekolah selayaknya inovatif dan juga mengadopsi trend perkembangan yang ada.

Tak dapat dipungkiri trend fashion Citayam juga turut “merasuk” pada berbagai sektor kehidupan sosial lainnya termasuk merambah sekolah-sekolah di tanah air.

Nah, terkait hal ini (fashion show) turut diadopsi sekolah SMK di Pakisaji ini untuk digabungkan dalam serangkaian peringatan 1 Muharam alias tahun baru Islam baru-baru ini.

“Kami memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram 1444 H. Di dalamnya ada yang menarik yakni fashion show Islami. Termasuk acara inti ceramah agama,” tegas Koordinator Bidang Kesiswaan SMK Budi Mulia Pakisaji Agung Prasetyo, Jumat (5/8/2022).

Ia menjabarkan tujuan diadakannya kegiatan yang diadakan oleh Guru Agama Islam, Kesiswaan dan Taruna OSIS ini yaitu meliputi: meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, meneladani perjuangan hijrah Nabi Muhammad SAW, dan menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif siswa dalam mengadakan dan menyemarakkan kegiatan.

Turut hadir dalam kegiatan kreatif yang digelar di halaman SMK Budi Mulia Pakisaji ini, yaitu : seluruh siswa – siswi SMK Budi Mulia Pakisaji, guru-guru dan staf SMK Budi Mulia Pakisaji.

Adapun serangkaian kegiatan yang diadakan sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB ini yaitu: Sholat Dhuha, penampilan ekskul Al Banjari, Siraman Rohani dari KH. Isnandar dari Turen, lomba make up dan fashion show antar kelas.

Kiai memberikan motivasi pada siswa tentang kejadian-kejadian pada Bulan Muharram yang dialami oleh beberapa nabi untuk tetap tegar menghadapi sulitnya situasi yang nantinya pasti dialami oleh setiap manusia dengan gambaran cerita Nabi Ibrahim dan Nabi Yunus.

“Lewat kegiatan ini kami ingin menjadikan siswa pribadi yang beriman, bertaqwa, berkepribadian sopan santun dalam berkehidupan di keluarga, sekolah, dan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Guru Produktif Pemrograman dan Wali Kelas 11 Sija, Lukman mengatakan, pihaknya berharap acara ini memberi kemanfaatan positif. “Semoga bisa meningkatkan mental tangguh dalam berkompetisi, dan sportif dalam menerima hasil kerja keras dengan melaksanakan kegiatan tersebut,” tukasnya.

Lebih lanjut ia bersyukur atas capaian siswa yang dibinanya. “Saya sebagai wali kelas 11 Sija bisa meraih juara 2 dalam acara tersebut, dan diharapkan nanti ada acara lagi serupa dengan konsep lain yang mana siswa dapat berperan aktif keikutsertaan untuk mengembangkan potensi pada diri masing-masing,” imbuhnya.

Fashion show diikuti perwakilan kelas mulai dari kelas 10 sampai 12 jurusan teknik jaringan komputer, desain komunikasi visual, bisnis daring dan sistem informatika jaringan dan aplikasi. Sebagai informasi juara pertama diraih oleh kelas 12 sija, juara 2 kelas 11 sija dan juara 3 kelas 11 dkv. (had)