Peringati HPSN, DLH Pemkot Batu Gelar FGD Tata Kelola Sampah

DLH Pemkot Batu, saat tengah menggelar kegiatan acara FGD Tata Kelola Sampah. (Eko)

BACAMALANG.COM – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Batu menggelar Forum Group Discussion (FGD) Tata Kelola Sampah yang dilaksanakan di ruang rapat SKPD Gedung B Lantai 3, Balikota Among Tani, Pemkot Batu, pada Jumat (9/4/2021).

Kegiatan acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aries Setiawan, S.STP serta perwakilan dari Kecamatan dan Desa di Kota Batu.

Tema peringatan yang diusung pada tahun ini adalah “Sampah Sebagai Bahan Ekonomi di Masa Pandemi”.

Kepala DLH Pemkot Batu, Aries Setiawan, S.STP mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengelolaan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

“Selain itu, untuk memperkuat partisipasi publik dalam upaya melaksanakan gerakan memilah sampah, dan ketiga memperkuat komitmen dalam menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi,” kata Aries sapaan akrabnya.

Menurutnya, Indonesia berada pada peringkat yang cukup tinggi di dunia dalam menyumbang sampah plastik terbanyak ke laut.

“Jadi, peringatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian dari pemerintah dan masyarakat terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi dan bencana-bencana yang diakibatkan oleh penimbunan sampah,” tuturnya.

Mantan Camat Batu ini menambahkan, untuk teknis pengangkutan sampah dari rumah-rumah warga menuju TPA, yaitu pada Senin, Selasa, Kamis dan Jum’at yang merupakan jadwal pengangkutan sampah organik.

“Rabu dan Sabtu merupakan jadwal pengangkutan sampah anorganik, dan pada Minggu merupakan jadwal pengangkutan sampah B3, dan sistem ini bakal dilaksanakan secara bertahap,” imbuhnya. (Eko/zuk)