Bagikan Ribuan Sembako, Jatim Park Group Bantu Ringankan Beban Masyarakat

Humas Laskar Foundation Jatim Park Group, Nhia Hapsari saat sesi foto bersama para awak media dan tokoh super hero Marvel, usai membagikan sembako, masker, vitamin, sayuran dan buah-buahan. (Eko)

BACAMALANG.COM – Kebijakan pemerintah pusat, bahwa tempat wisata sementara harus tutup untuk mencegah penyebaran Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan tersendiri terhadap tempat-tempat wisata di Kota Batu.

Tak terkecuali Jawa Timur Park Group, yang diketahui sudah menutup tempat wisatanya sejak 20 Maret lalu dan dengan berat hati harus memperpanjang masa penutupan. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan langkah kepedulian Jawa Timur Park Group untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, warga tak mampu maupun yang tengah menjalani Isoman.

Dengan mengusung tema “Jatim Park Peduli”, tak terkecuali hari ini, hal itu dibuktikan yang sudah terhitung mulai 8 Agustus lalu hingga 16 Agustus 2021 besok, management Jatim Park Group membagikan ribuan masker, sayuran, buah-buahan dan sembako hingga ke desa-desa yang ada di wilayah Kota Batu.

Seperti halnya kali ini, Laskar Foundation Jatim Park Group membagikan 100.000 masker, sembako 1.000, sayuran hasil pertanian dari warga masyarakat Kota Batu sebanyak satu ton dan 1.000 vitamin untuk menambah imun bagi tubuh.

Humas Laskar Foundation Jatim Park Group, Nhia Hapsari menjelaskan, bahwa maksud dan tujuannya dilaksanakan kegiatan bhakti sosial tersebut dalam rangka membantu meringankan beban ekonomi bagi warga masyarakat Kota Batu.

“JTP Peduli ingin ikut berbagi, artinya peduli akan kondisi masyarakat yang terdampak pandemi, walaupun kami sendiri juga mengalami masa yang sulit karena sektor pariwisata juga terdampak, terlebih PPKM Level 4 ini kami tidak bisa beroperasional. Tetapi, kami berusaha untuk sebisa mungkin berbuat, walapun tidak semaksimal tidak sebanyak seperti pada tahun lalu,” terang Nhia sapaan akrabnya, saat diwawancarai awak media, Minggu (15/8/2021).

Ditambahkan Nhia, bagi warga masyarakat Kota Batu yang menginginkan bantuan sembako bisa langsung mendaftarkan diri ke JTP Group, dengan datang dan menyertakan KTP berdomisili Kota Batu, maka selanjutnya tim dari Laskar Foundation bakal melakukan verifikasi dan survey kerumah.

“Mekanisme dan persyaratannya cukup mudah. Kami menyadari warga masyarakat semuanya memang terdampak, paling tidak kami prioritaskan terhadap masyarakat yang benar-benar kurang mampu secara ekonomi. Jadi, kami bantu dengan memberikan sembako,” imbuh dia.

Ibu dengan satu anak ini juga mengungkapkan, kali ini tim dari Laskar Foundation yang berkostum ala tokoh super hero Marvel seperti Superman, Robocop, Robin, Batman, Black Widow, Hulk, Hawkeye dan Captain America serta Ironman membagikan ribuan sayuran dan masker kepada para pengguna jalan yang melintas di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu, Kota Batu.

“Selain sayuran, kami juga membagikan ribuan masker secara gratis kepada pengguna jalan baik R2 maupun R4. Sayuran itu sendiri, kami beli dari para petani yang ada di seluruh Kota Batu, agar mereka tidak kesulitan dalam memasarkan hasil pertaniannya. Karena Kota Batu berbasis pertanian dan pariwisata. Jadi kami mendukung dengan cara membeli hasil panennya,” tukas dia.

Meski begitu, diuraikan Nhia, hasil pertanian yang di beli oleh pihak Jawa Timur Park Group itu meliputi berbagai dusun dan desa yang ada di Kota Batu.

“Ya, salah satunya dari Desa Sumberejo, Desa Pesanggrahan, Sumberbrantas, Desa Giripurno dan desa-desa lainnya di seluruh Kota Batu. Kami peduli, dengan cara membantu membeli hasil sayur diantaranya kubis, brokoli, mentimun dan wortel serta buah-buahan seperti jeruk, apel, markisa dan pisang kepada para petani,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nhia juga memaparkan, bahwa wabah pandemi Covid-19 terlebih pemerintah juga menerapkan PPKM Level 4 yang tujuannya untuk mencegah, sekaligus meminimalisir penyebaran, diketahui juga berimbas sekali terhadap berbagai profesi masyarakat manapun.

“Ya, tak terkecuali juga berdampak terhadap profesi jurnalis. Maka dari itu, kami juga membantu dengan memberikan bantuan berupa sembako ini kepada rekan-rekan media yang ada di Kota Batu,” beber dia.

Wanita yang telah puluhan tahun mengabdi di Jatim Park ini tak lupa pula juga berpesan, kepada warga masyarakat Kota batu harus selalu patuh akan peraturan dari pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan, agar dapat meminimalisir wabah penyebaran virus Corona.

“Salah satunya dengan tetap memakai masker jika bepergian atau keluar dari rumah. Selain itu, ketika selesai bekerja atau beraktivitas, hendaknya jangan lupa membasuh atau membersihkan tangan dengan sabun, dan tidak berkerumun, agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19,” pesan dia.

Dirinya berharap, wabah pandemi Covid-19 ini segera berakhir, agar laju perekonomian masyarakat tak terkecuali dunia pariwisata di Kota Batu dapat kembali bangkit.

“Ya, harapan kami semoga pandemi ini segera berakhir, karena pariwisata terimbas besar dampaknya. Kita tidak bisa beroperasional, sedangkan biaya gaji karyawan dan kebutuhan lain seperti listrik dan air pun mau tak mau harus kita penuhi. Dan semoga saja, bantuan dari JTP Group dapat membantu meringankan beban bagi warga masyarakat Kota Batu,” pungkasnya.

Sementara itu, Dodik Hariyanto salah seorang jurnalis media online malangpagi.com tak lupa mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak management Jatim Park Group, karena telah peduli terhadap profesi pers.

“Sebagai seorang yang berprofesi jurnalis, terus terang kami juga terdampak. Dan bukan hanya jurnalis saja, apapun profesinya masyarakat juga pastinya terdampak, itu tidak dapat dipungkiri memang. Atas bantuan sembako ini, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak management Jawa Timur Park Group. Semoga JTP Group sukses selalu, dalam membantu meringankan beban masyarakat Kota Batu,” tandasnya. (Eko)