Bangun Parlemen Modern, Ketua BURT: Perlu Sinergitas dengan Media Massa

Sekretariat Jenderal Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso. (ist)

BACAMALANG.COM – Sekretariat Jenderal Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso menyampaikan pentingnya membangun sinergitas pemberitaan DPR RI dengan media massa.

Bukan hanya demi mewujudkan parlemen yang modern, namun utamanya agar masyarakat dapat mengetahui kinerja anggota dewan yang mereka pilih.

“Tentunya ada keterbatasan-keterbatasan dari pada media parlemen itu sendiri sehingga tidak bisa menjangkau ke daerah, maka yang seperti ini perlu dikerjasamakan dengan media lain. Agar masyarakat, utamanya bisa membaca apa yang dikerjakan oleh para anggota dewan,” jelas Agung saat menyampaikan sambutan dalam Workshop Pengelolaan Pemberitaan Bagian Media Cetak dan Sosial Sekretariat Jenderal DPR RI dengan tema ‘Membangun Sinergitas Pengelolaan Pemberitaan Media DPR RI dalam Mewujudkan Parlemen Modern’, di Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Anggota DPR dihadapkan pada serangkaian program kerja yang dilakukan dalam rangka representasi rakyat, namun masih minim sekali mendapatkan pemberitaan, terutama kerja-kerja yang dilakukan para anggota dewan di daerah pemilihan (dapil). Padahal menurutnya konsituen berhak mengetahui kinerja para anggota dewan.

“Mulai dari menyerap aspirasi konstituen, memperjuangkannya di kedewanan, sampai ke penyaluran kembali aspirasi solusi ke konsituen. Program kerja yang diemban oleh anggota DPR banyak yang memiliki tampak nyata kepada pertumbuhan daerah pemilihan atau dapil, serta kesejahteraan konstituen sehingga ada efek domino. Namun dengan tata pelaksanaan banyak hasil program kerja yang dilakukan oleh anggota DPR RI tidak terekspose ke masyarakat, terutama konsituen di dapil itu sendiri,” papar Agung.

Menurut legislator dapil Jawa Barat I itu, minimnya pemberitaan faktual dan positif mengenai kinerja Anggota Dewan di dapil ini bisa diatasi dengan memulai hubungan yang baik dengan media lokal.

“Salah satunya dapat diatasi dengan lokalisasi berita per anggota dapil, karena itu perlu adanya upaya kerja sama dengan berbagai media lokal yang penting dapat efektif dalam menyampaikan berita anggota dapil tersebut,” tukasnya.

Turut hadir, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Deputi Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi, hingga Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial (Medtaksos) Setjen DPR RI Irfan. Workshop yang diikuti seluruh pegawai di Bagian Medtaksos ini menghadirkan sejumlah narasumber di bidang media cetak dan online, media sosial, hingga analis media. (*/had)