Dugaan Gratifikasi Pemkot Batu 2011-2017, KPK Kembali Periksa Sejumlah Saksi

Jubir KPK RI, Ali Fikri (ist)

BACAMALANG.COM – Tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, kembali memeriksa beberapa saksi-saksi atas kasus dugaan gratifikasi di Pemerintahan Kota Batu, bertempat di Balaikota Batu, Jalan Panglima Sudirman, No.507, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Jumat (19/3/2021).

Kedatangan beberapa Tim Penyidik KPK ke Balaikota Batu, Pemkot Batu itu, dalam agenda pemeriksaan saksi-saksi pada perkara dugaan TPK, terkait dengan gratifikasi di Pemerintah Kota Batu, tahun 2011-2017.

Melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp (WA), yang diterima awak media dari Jubir KPK Ali Fikri menyebutkan, bahwa terdapat nama-nama beberapa saksi yang dimintai keterangan oleh penyidik KPK, berkaitan dengan perkara dugaan gratifikasi.

“Ya, hari ini agenda tim penyidik KPK ke Balaikota Batu, Pemkot Batu untuk memeriksa beberapa saksi-saksi, diantaranya Nofan Eko Prasetyo (Direktur PT. Gunadharma Anugerah Jaya), Pratama Gempur (Direktur Operasional Pupuk Bawang Cafe and Dining), Riali (Wiraswasta), Ronny Sendjojo (Staf Ahli Pengembangan pada Jatim Park 2 dan Jatim Park 3 Dino Park),” ungkap Ali Fikri.

Dari hasil pemeriksaan beberapa saksi-saksi itu, Tim Penyidik KPK diketahui juga membawa berbagai macam dokumen dan berkas-berkas izin pariwisata.

“Termasuk juga dengan berkas dan dokumen lain, berkaitan dengan proyek pengadaan yang menggunakan APBD 2011-2017, untuk pengembangan penyidikan,” ujarnya.

Namun, pada pemeriksaan dari beberapa nama saksi-saksi tersebut, Jubir KPK Ali Fikri belum menyebutkan apakah ada penetapan soal tersangkanya.

“Belum ada, karena hari ini Tim Penyidik KPK agendanya hanya memeriksa para saksi-saksi saja, berkaitan dengan gratifikasi dan penyitaan dokumen sebagai pengembangan penyidikan,” pungkas Jubir KPK Ali Fikri.

Sekadar diketahui, bahwa sebelumnya, Tim Penyidik KPK juga sudah pernah memeriksa Ronny Sendjojo, pada akhir Februari 2021 lalu.

Bahkan, Tim Penyidik KPK juga sudah mendatangi sejumlah OPD sejak Januari 2021 lalu. Diantaranya, mulai dari DPUPR, Disparta, DPK, DPMPTSPTK dan sejumlah OPD lainnya di lingkup Pemerintah Kota Batu. (Eko).