Geliatkan Wisata Pasca Pelandaian Pandemi, Digelar Pelatihan Barista untuk Milenial di Kampoengkopi Sumberdem

Foto ; Pelatihan Barista di Sumberdem. (ist)

BACAMALANG.COM – Spirit kolaborasi dan gotong-royong tumbuh subur pasca melandainya kurva pandemi. Hal ini membawa angin sejuk tumbuhnya kebangkitan untuk kemandirian dan berdikari (berdiri diatas kaki sendiri) menggeliatkan perekonomian rakyat.

Demikian pula halnya dengan dinamika kebangkitan ekonomi dan pariwisata masyarakat kampoengkopi Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang dengan mengadakan pelatihan pengolahan kopi (barista).

“Alhamdulillah wa syukurilah wa nikmatilah. Kami gembira pandemi melandai. Kami siap menggeliatkan kembali pariwisata. Kami memberdayakan generasi muda (milenial) dengan menggelar pelatihan Barista,” tandas Tokoh Pemuda Kampoengkopi Sumberdem, Sukadianto, Rabu (3/11/2021).

Ia menjelaskan pelatihan yang digelar adalah pelatihan dasar barista. Peserta adalah semua lapisan masyarakat dari muda sampai tua. “Tetapi target utama adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama dan atas. Alias generasi milenial. Mereka adalah warga lokal kampoengkopi_sumberdem,” urainya.

Pelatihan ini diikuti 23 anak dan 5 orang dewasa. Ia menjelaskan terkait pemateri kali ini.

“Pemateri pertama tentang barista oleh bapak Syafa. Ada juga materi pembuatan minuman Mocktail varian yang ada di cafe oleh mas Budi mahasiswa dari Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Industri Prodi Tata Boga. Dan materi : Pentingnya skill yang harus dimiliki oleh warga di area destinasi desa wisata oleh saya sendiri,” tuturnya.

“Pelatihan ini memberikan banyak manfaat. Manfaatnya warga semakin lebih punya kemampuan untuk menyajikan minuman kopi dan varian lainnya kepada tamu yang datang,” ungkapnya.

“Harapannya dengan adanya pelatihan ini, semakin meningkatnya SDM masyarakat di area desa wisata juga meningkatnya kualitas para petani dalam memproses hasil panennya sendiri,” pungkasnya. (had)