Hari Raya Yadnya Kasada 2021, Wisata Bromo Ditutup Total

Foto: Gunung Bromo. (istimewa)

BACAMALANG.COM – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memastikan penutupan sementara selama perayaan Hari Raya Yadnya Kasada, mulai tanggal 24 Juni 2021 sampai dengan 26 Juni 2021.

Selama tiga hari itu, semua kegiatan wisata di Gunung Bromo akan ditutup, guna pelaksanaan Hari Raya Yadnya Kasada tahun 2021. ”Penutupan total itu mulai Kamis (24/6/2021) pukul 06.00 WIB sampai Sabtu (26/6/2021) pukul 24.00 WIB. Jadi, selama tiga hari ditutup total,” terang Plt. Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusuma Wardani.

Novi menjelaskan, penutupan sementara semua kegiatan wisata Gunung Bromo mengacu pada Surat Edaran (SE) Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor: 45/PHDI-KAB/VI/2021.

Ada juga, SE Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Pasuruan Nomor: 019/PHDI KAB PAS/VI/2021. Surat tersebut menyatakan permohonan penutupan kunjungan wisata Gunung Bromo dalam rangka pelaksanaan rangkaian Upacara Ritual Yadnya Kasada tahun 2021. Penutupan ini juga merupakan kesepakatan dengan sesepuh Tengger.

“Kondisi ini, diyakini tidak akan berpengaruh pada kegiatan wisata hari-hari berikutnya. Pasalnya, penutupan sementara ini hanya berlaku tiga hari dua malam”, pungkasnya.

Adapun, penutupan jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari dan dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

Sebagai informasi, upacara Yadnya Kasada digelar setiap tahun oleh masyarakat Tengger di kawasan Gunung Bromo. Namun sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan Yadnya Kasada 2021 kembali digelar tertutup untuk wisatawan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah potensi penularan Covid-19 dan kenyamanan masyarakat tengger dalam merayakan Yadnya Kasada tahun 2021. (nes)