Kawasan Wisata Bromo Kembali Dibuka

Pengunjung menikmati wisata alam Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (ned)

BACAMALANG.COM – Semua pintu masuk Kawasan Wisata Gunung Bromo resmi dibuka kembali mulai Selasa (30/11/2021) hari ini. Reaktivasi ini merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 63 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, Dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 lewat Pengumuman dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru nomor PG 33./T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/11/2021 Tentang Pembukaan Kembali Objek Dan Daya Tarik Wisata Alam Di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Novita Kusuma Wardhani menjelaskan, reaktivasi ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, yaitu kapasitas pengunjung hanya 25 persen serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Selain itu untuk kunjungan juga wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang sudah ditampilkan pada website bromotenggersemeru.org.
“Khususnya pembelian tiket masuk yang harus diakses secara online lewat www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org, karena ada pembagian kuota untuk masing-masing site tiap hari,” tuturnya.

Kuota tersebut meliputi Site Bukit Cinta 31 orang/hari, Site Bukit Kedaluh 107 orang/hari, Site Penanjakan 222 orang/hari, Site Mentigen 55 orang/hari, dan Site Savana Teletubbies 319 orang/hari. Terkait pendakian Semeru, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS Sarif Hidayat menambahkan, pihaknya segera menyiapkan recheck sarpras, mulai Booking online serta jalur pendakian untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung.
“Minat khusus untuk pendakian semeru ini akan kami koordinasikan juga dengan BMKG terkait iklim dan cuaca,” tukasnya.

“Selama pembukaan kami akan berusaha seoptimal mungkin melakukan pemantauan dan pengecekan di pintu masuk, termasuk monitoring di Savana dengan menempatkan personel di lokasi tersebut,” tandasnya.(ned/lis)