Lewat Lomba Kuliner, Gubernur Berharap Bangkitkan Spirit Pengungsi Semeru

Gubernur Jatim Khofifah. (ist)

BACAMALANG.COM – Para pengungsi erupsi Gunung Semeru nampak antusias mengikuti lomba memasak. Dengan adanya lomba ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap bisa bangkitkan spirit pengungsi.

Sebagai informasi, Pemerintah Provisinsi (Provinsi) Jatim menginisiasi adanya lomba masak khusus ibu-ibu pengungsi Semeru. Lomba ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di area pengungsian Pronojiwo Lumajang selama 2 hari.

“Aneka cara untuk menjaga spirit pengungsi ini merupakan kreasi tim Dinas PPPAK dan Tagana Pemprov Jatim,” tutur Khofifah, sapaan akrabnya.

Aneka kreasi nasgor di lomba Kuliner pengungsi Semeru. (ist)

Lomba masak ini menggunakan bahan dasar mie dan selanjutnya diolah untuk dibuat berbagai kreasi mie oleh masing-masing peserta. Setiap peserta juga diminta untuk memasak mie  sekreatif dan se inovatif mungkin serta memiliki citra rasa yang khas dan unik. Setiap peserta harus menamai kreasi mienya seunik mungkin. Panitia memberikan waktu selama dua jam untuk memasak bagi seluruh peserta.

“Macam-macam mie ini adalah hasil lomba memasak berbasis mie di pengungsian APG Semeru Pronojiwo-
Lumajang,” terang perempuan alumnus FISIP Universitas Airlangga ini.

Untuk diketahui, lomba ini diikuti 50 ibu-ibu pengungsi ini cukup antusias mengikuti lomba masak mie. Lomba dibagi 2 gelombang, masing-masing gelombang  dibagi  5  kelompok, anggota kelompok  terdiri dari 5 orang. Setiap peserta mendapat hadiah senilai Rp 500 ribu serta doorprize, sambil menunggu persiapan huntara. (had/red)