Masuk Dalam 50 ADWI, Desa Sanankerto Turen Banjir Pujian

Caption : Desa Wisata Sanankerto, Boonpring Turen Kabupaten Malang (IG desa wisata Sanankerto)

BACAMALANG.COM – Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang banjir pujian dan apresiasi. Hal ini karena masuk dalam 50 (Anugerah Desa Wisata Indonesia) ADWI Bangkit Indonesia 2021, yang dibuat oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Desa ini masuk setelah memenuhi 7 persyaratan. Tim dari Kemenparekraft RI mengecek tujuh kategori, yakni homestay, CHSE (cleanliness, health, safety, and environment sustainability), toilet, suvenir, daya tarik wisata, desa digital, dan konten kreatif.

GUBERNUR BERI APRESIASI

Atas capaian ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi kepada enam desa terbaik Jawa Timur salah satunya Sanankerto yang terpilih dalam ADWI.

Di tengah kondisi sulit seperti pandemi saat ini, capaian ini merupakan hasil kinerja mengagumkan.

Beberapa support dari Pemprov telah disiapkan untuk mendukung capaian ini. Salah satunya bantuan untuk BUMDes yang sudah memiliki desa wisata untuk dikelola hingga pendampingannya sampai bisa menghasilkan pendapatan meningkatkan kemakmuran warga desa.

KADISBUDPAR JATIM BERI APRESIASI

Selain Gubernur, Kadisbudpar Jatim turut memberikan apresiasi. “Kita perlu memperkuat kolaborasi dan
sinergitas utamanya di internal desa, itu sangat diperlukan saat nanti ada visitasi dari tim Kemenparekraf,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto SKar MM, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, desa wisata mendukung ekonomi masyarakat yang bisa berkembang di sekitar desa wisata. “Masyarakat sekitar harus kita berikan edukasi tentang Keramahtamahan desa wisata, ditujukan sebagai originalitas kearifan lokal. Selain itu masyarakat juga harus bisa menjaga kebersihan lingkungan semisal harus ada tata kelola limbah yang baik dan benar,” terangnya.

KADISPARBUD KABUPATEN MALANG MENGAPRESIASI

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Dr. Made Arya Wedanthara mengatakan, pihaknya akan terus mendukung dalam rangka mengikuti ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Terbaik Indonesia Bangkit 2021.

“Kita akan suport Desa Wisata Sanankerto dalam mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, karena Desa Sanan Sanankerto termasuk desa super prioritas. Diharapkan pihak desa dapat melakukan pemetaan apa saja kebutuhan pengembangan desa wisata dengan membuat percepatan agar layak dan berdaya saing,” pungkasnya.

SEKILAS SANANKERTO

Desa Wisata Sanankerto atau Boonpring berlokasi di Sanankerto, Turen Malang, Jawa Timur. Diantara wisata yang ditawarkan adalah edukasi budidaya ikan air tawar, edukasi pertanian hingga edukasi budidaya maggot.

Ada 115 spesies Bambu dari seluruh dunia. Salah satu andalannya adalah arboretum bambu. Menariknya, Boonpring juga jadi laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di bidang tanaman bambu. Bambu purba juga ada disini. Terbilang unik karena akarnya tidak menancap ke tanah, tetapi merambat.

Ada kolam renang untuk anak-anak dan dewasa serta danau kecil berisi puluhan ribu ikan, beragam jenis mengitari pulau mini di area wisata berluas total 36,8 hektare itu, Tersedia perahu bermotor yang bisa disewa berdurasi 30 menit. (*/had)