Mengintip Lembah Kera di Pagak

Foto: Lembah Kera di Desa Gampingan Pagak yang biasa dikunjungi pecinta alam dan atlet panjat tebing untuk mengasah skill. (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Lembah Kera ini terletak di Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Lembah ini memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata olahraga atau sport tourism.

Nama Lembah Kera memang tidak begitu terkenal bagi wisatawan, ketimbang Pantai Balekambang dan lainnya. Selama ini, Lembah Kera lebih terdengar gaungnya di kalangan pecinta alam dan atlet panjat tebing.

Ya, selama ini Lembah Kera memang lebih sering dimanfaatkan atlet-atlet panjat tebing untuk mengasah skill. Jadi, nama lembah tersebut lebih familiar di telinga para atlet panjat tebing.

Peluang paling besar adalah menjadikan Lembah Kera sebagai salah satu destinasi wisata olahraga. Hal itu karena selama ini kegiatan yang bisa dilakukan di Lembah Kera lebih banyak pada olahraga panjat tebing. Meskipun ada beberapa pecinta alam yang biasa menjadikan lembah itu sebagai pilihan untuk kegiatan kemping.

Potensi yang ada di Lembah Kera ini memang perlu dikembangkan untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi. Tidak hanya di Lembah Kera, di wilayah lain yang kiranya memiliki keunikan tersendiri juga perlu diperhatikan.

Di Lembah Kera ini, akses jalan sebetulnya cukup memadai untuk kendaraan roda empat dan roda dua. Namun, mendekati lokasi Lembah Kera akses jalan masih makadam. Bila musim hujan seperti saat ini, kondisi jalan menuju Lembah Kera berubah jadi berlumpur dan licin. Kondisi tersebut cukup membahayakan pengunjung tetunya. Terlebih, jalur mendekati Lembah Kera di sisi kanan-kiri terdapat tebing dan jurang. (mid/red)