PPKM Darurat Level 4, Warkop Ini Justru Bagikan Kopi Plus Vitamin C Gratis

Pelanggan yang menunjukkan sertifikat vaksin mendapat es kopi susu atau es mango plus vitamin C gratis di Swag Coffe Co, Senin (26/7/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Pandemi yang berkepanjangan hingga saat ini memukul semua sektor ekonomi, khususnya dengan adanya Pembatasan Kegiatan Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Salah satu yang sangat terdampak adalah para pelaku UMKM.

Namun di masa seperti ini, Swag Coffee.co justru memberi kopi gratis bagi pelanggannya. Bahkan kedai kopi yang berlokasi di Jalan Danau Tondano Sawojajar Kota Malang ini juga memberi vitamin C sebagai paket gratisnya.

“Program ini semacam CSR (Corprorate Social Respobsibility) dari kami, namun intinya adalah mencoba menyebar kebaikan di masa PPKM yang serba susah ini,” ungkap pengelola Swag Coffee Co., Didik Sapari, Senin (26/7/2021).

Didik menjelaskan, paket bundling minuman dan vitamin C gratis ini diberikan kepada pengunjung yang telah menjalani vaksin covid-19, dengan menunjukkan sertifikat yang telah diterima.

“Bagi yang baru pertama vaksin boleh, sedangkan yang sudah komplit malah lebih baik lagi,” ujar pemilik warung kopi Klodjen Djaja 1956 ini.

Es Kopi Susu gratis ini dipilih karena kopi yang baik tentunya dapat meningkat imun tubuh. Sedangkan bagi yang tidak suka kopi pihaknya menyediakan Swag Mango yang segar dan bervitamin.

Menurut Didik hal ini juga sebagai dukungan terhadap program vaksinasi, serta memberi wawasan kepada generasi muda bahwa vaksin itu memang perlu dan penting bagi kesehatan di masa seperti ini.

Berbeda dengan Klodjen Djaja 1956, segmen Swag adalah kalangan middle-up yang kebanyakan anak muda. “Karena Swag yang saya rintis sejak awal pandemi pada bulan April 2020 ini sebenarnya untuk co-working space, dan alhamdulillah pada saat PSBB pertama kali digulirkan saat itu, Swag menjadi tempat alternatif bagi mereka yang ingin menggarap tugas, entah kuliah atau pekerjaan,” imbuhnya.

Tapi Didik menegaskan bahwa pihaknya tetap menerapkan prokes ketat selama ini. Dia yakin bahwa apa yang dilakukan lewat prgram ini sudah melalui berbagai pertimbangan secara kemanusiaan maupun bisnis. Seperti kerjasama dengan salah satu produsen vitamin C adalah salah satu bentuk kolaborasi yang justru diperlukan agar tetap bertahan pada masa pandemi seperti ini.

Saat ini Swag Coffe co. digawangi sedikitnya 9 karyawan yang semuanya adalah anak-anak kuliah, yang juga memberi pengalaman berkarya di tengah pandemi.

“Selain itu saya menerapkan tugas sederhana bagi mereka, yakni menghafal nama para pelanggan dan tetap menjalin komunikasi dengan mereka lewat media sosial, sehingga atsmofer yang ditimbulkan lebih kepada pertemanan daripada rekan bisnis,” tuturnya.

Didik akan menerapkan program ini secara bertahap di warung kopi Kodjen Djaja serta warung kopi miliknya yang berlokasi di Gresik.

Ryan, salah satu pelanggan Swag Coffe Co. yang datang pada hari tersebut mengaku sangat senang bisa mendapat paket minum plus vitamin C gratis ini.

“Baru pertama kali ini saya tahu di Malang ada warkop yang memberi paket gratis dengan menunjukkan sertifikat vaksin covid-19,” tandasnya. (ned)