Yuk Berendam di 6 Destinasi Wisata Air Panas Jawa Timur, 2 di Antaranya Berada di Kota Batu

Para wisatawan saat menikmati Pemandian Air Panas Cangar, berlokasi di Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur (ist)

BACAMALANG.COM – Berendam sekaligus relaksasi di wisata pemandian air panas bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan penat dan stres. Tak hanya itu, air panas memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah efek relaksasi yang dapat mengusir stres. Karena mandi air panas alami dapat memperlancar sirkulasi darah.

Selain memberikan efek relaksasi pada otot dan peredaran darah, berendam di pemandian air panas baik untuk peremajaan kulit. Selain itu, dapat menurunkan tingkat gula darah, menurunkan kalori, dan menyembuhkan sakit pada otot-otot.

Ada banyak spot pemandian air panas di Indonesia, salah satunya juga terletak di wilayah Jawa Timur. Karena di Jawa masih banyak gunung api aktif, maka air panas ini masih alami.

Bagi masyarakat Jawa Timur yang hendak berlibur untuk menikmati pemandian air panas tidak perlu bingung, ada beberapa tempat pemandian air panas di Jawa Timur yang bisa dijadikan sebagai alternatif liburan sekaligus relaksasi.

Berikut ini ada enam rekomendasi pemandian air panas di Jawa Timur yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Yuk, simak daftar dan informasi selengkapnya di bawah inI!

  1. Pemandian Air Panas Cangar, berlokasi di Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur dan terletak persis di daerah lereng Gunung Welirang sehingga membuatnya terasa sejuk dan cukup nyaman.

Tersedia kolam-kolam dengan air panas siap pakai untuk berendam. Uniknya lagi, di pemandian ini kamu juga dapat melihat bermacam-macam fauna yang hidup liar di area Taman Hutan Rakyat R. Soerjo.

Selain berendam air panas, pengunjung bisa menikmati kuliner dan pengunjung juga bisa berkunjung ke gua yang jadi saksi bisu penjajahan Jepang.

  1. Pemandian Air Panas Alami Songgoriti, Batu terletak di Jalan Raya Songgoriti No. 8C, Songgokerto, Batu, Jawa Timur. Dinamakan pemandian alami karena air di kolam yang ada di objek wisata ini berasal dari mata air yang terletak di bawah Candi Songgoriti.

Terdapat dua lokasi untuk berendam, yaitu kolam rendam dan kamar rendam. Kolam rendam lokasinya terbuka, terletak di bagian belakang setelah loket pembayaran, Sedangkan bentuk kamar rendam berupa kamar mandi yang dilengkapi bathub.

Pemandian panas Songgoriti ini cocok dijadikan sebagai tempat terapi dan relaksasi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sulfur yang tinggi. Kondisi ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

  1. Pemandian Air Panas Tiris, Probolinggo terletak di Desa Tiris, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisata pemandian air panas Tiris merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Probolinggo.

Panas yang dihasilkan merupakan satu muara dengan aktivitas Gunung Bromo yang terletak di wilayah Probolinggo, Pasuruan, dan Malang.

Sambil menikmati hangatnya air, kabarnya Potensi lain wisata air panas ini juga dipercaya dapat menjadi pengobatan beberapa penyakit seperti gatal-gatal, panu, dan lain sebagainya.

  1. Pemandian Air Panas Pacet, Mojokerto Wisata pemandian air panas Pacet terletak di kaki Gunung Welirang. Air di tempat pemandian ini berwarna kekuningan karena banyak mengandung belerang atau sulfur.

Untuk kolam pemandian air panasnya ada beberapa dan memiliki tingkat kepanasan yang berbeda-beda. Salain itu, ada kolam renang dan taman untuk berswafoto.

Tidak hanya pemandian air panas saja yang menjadi daya tarik, melainkan ada fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti outbond dan flying fox, arung jeram, camping ground, petualangan seru air soft gun, dan paint ball.

  1. Pemandian Air Panas Blawan berlokasi di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur yang notabene berada tak jauh dari kawasan Gunung Ijen.

Ada tiga kolam yang bisa dinikmati. Dua kolam dengan kedalaman satu meter dan satu kolam yang dikhususkan untuk anak-anak.

  1. Air Panas Tirta Husada Ponorogo yang berada di Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Ponorogo tidak hanya menawarkan sensasi berendam air hangat dengan dikelilingi alam yang indah. Di pemandian ini diyakini juga bermanfaat untuk terapi dan menghilangkan berbagai macam penyakit kulit.

Wisata pemandian air panas Tirta Husada satu paket dengan wisata Telaga Ngebel, tersedia beberapa kolam yang bisa wisatawan pilih untuk berenang, berendam, atau sekadar bermain air. (why)