Tingkatkan Kompetensi, Wartawan Lampung Timur Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan jurnalisme Migas di Hotel Yestoya, Rabu, 27/7/2022. (Imam Muchlis)

BACAMALANG.COM – Guna meningkatkan kompetensi Jurnalis dalam peliputan Minyak dan Gas (Migas), wartawan Lampung Timur menggelar pelatihan Jurnalistik yang bekerja sama dengan Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) di Hotel Yestoya Lampung Timur.

Ketua Ikatan Wartawan Online, Lampung Timur, Edi Arsadad mengungkapkan, bahwa pelatihan itu merupakan salah satu program yang diberikan kepada awak media dalam memberikan pemahaman terkait jurnalistik. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, setiap insan pers tetap berpedoman pada kaidah-kaidah jurnalistik.

Meski sempat tertuda karena adanya pandemi, pelatihan yang bernama Sekolah Jurnalis Ikatan Wartawan Online ini baru terlaksana pada 2022.

“Kita bersinergi dengan temen-temen jurnalis untuk bisa meningkatkan sumber daya manusia”, kata Edi Arsadad, Kamis (28/7/2022).

Edi berharap dengan pelatihan ini para jurnalis dapat mengambil ilmu yang diberikan oleh narasumber dan dapat bermanfaat dalam menjalankan tugas jurnalistik di lapangan.

Pelatihan jurnalisme Migas itu menghadirkan beberapa narasumber seperti, Redaktur LKBN Antara Budisantoso Budiman, Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung Arliyus, Khaifidul Malik dari PHE OSES, wartawan senior, Amirudin Sormin.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari pemerintah Kabupaten Lampung Timur, yang disampaikan melalui Asisten II. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur mendukung penuh kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar di Hotel tersebut.

“Perkembangan informasi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Saya berharap kepada para jurnalis untuk tetap bekerja sesuai aturan dan berpegang pada kode etik jurnalistik,” kata Bupati Lampung Timur yang disampaikan oleh Asisten II, M Yusuf HTR.

Pemkab Lampung Timur mengakui pekerjaan jurnalis tidaklah mudah, namun bila berpagang pada kode etik jurnalistik dan bekerja sesuai standar profesi maka akan menghasilkan yang terbaik untuk bangsa.

Sementara itu, Head Of Comrel And CID PHE OSES, Indra Darmawan menjelaskan, bahwa kegiatan itu merupakan sarana mengenalkan lebih jauh terkait industri Hulu migas yang berada di pulau Pabelokan pesisir Laut Lampung Timur sekaligus sebagai sarana silaturahmi kepada insan pers di Lampung Timur.

Dia berharap sinergi antara PHE OSES terus terjalin sehingga dengan sinergi itu wartawan di Lampung Timur miliki SDM yang berkompeten sesuai kode etik.

Turut hadir dalam pelatihan itu Bupati Lampung Timur yang diwakili Asisten II M Yusuf HR, Ketua IWO Lampung Timur Edi Arsadad, Manager Comrel & CID PHE OSES Hari Setyono, Head of Comrel & CID PHE OSES Indra Darmawan, anggota DPRD Lampung Timur Faisal Risa, Camat Labuhan Maringgai Agustinus Tri Handoko. (Lis)