Manfaat Jasa Pengiriman Barang untuk Masyarakat Sekitar

sumber gambar : ekonomi.bisnis.com

BACAMALANG.COM – Maraknya belanja dan transaksi online menjadi salah satu pemicu meningkatnya kebutuhan akan jasa pengiriman barang. Barang yang dikirimkan pun beragam, mulai dari dokumen, pakaian, alat rumah tangga, alat elektronik dan masih banyak lagi. Terlebih jasa pengiriman kini telah mendukung berbagai moda transportasi baik jalur darat, udara maupun laut.

Meski begitu jasa pengiriman barang memiliki manfaat yang lebih luas bagi masyarakat. Tidak hanya bermanfaat bagi pelaku jual beli online saja, melainkan juga untuk orang-orang yang membutuhkan jasa untuk mengirimkan barang-barang mereka. Lantas apa saja manfaat jasa pengiriman bagi masyarakat luas?

Manfaat Jasa Pengiriman Barang bagi Masyarakat

1. Pengiriman Barang dan Dokumen
Tanpa adanya jasa pengiriman barang, Anda mau tak mau harus mengirim sendiri barang ke penerima dengan menaiki kendaraan. Tak hanya membuang banyak waktu, Anda juga membutuhkan ongkos yang tidak sedikit begitupun dengan tenaga. Berbeda dengan menggunakan jasa pengiriman barang. Anda cukup memberikan sejumlah uang untuk ongkos kirim dan barang pun akan dikirimkan dalam waktu beberapa hari ke tangan penerima. Melakukan pengiriman dengan jasa ekspedisi tidak hanya terbatas untuk para penjual toko online. Anda dapat menggunakan jasa ini untuk mengirim barang ke saudara di luar kota, atau mengirim dokumen penting ke instansi. Semua barang bisa dikirimkan melalui jasa pengiriman barang asalkan barang tersebut bukan yang dilarang oleh undang-undang.

2. Mendukung Pengiriman Kilat
Butuh mengirim barang dengan cepat ke luar provinsi? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman kilat. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara layanan pengiriman kilat dengan reguler. Biasanya pengiriman reguler membutuhkan waktu hingga 3-4 hari, sedangkan pengiriman kilat hanya membutuhkan 1-2 hari. Meski begitu Anda harus merogoh kocek lebih karena biaya ongkirnya yang lebih mahal dari reguler.

3. Jaminan Keamanan
Manfaat berikutnya dari jasa pengiriman barang yakni adanya jaminan keamanan. Tiap ekspedisi umumnya akan memberikan jaminan keamanan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen seperti jaminan asuransi akibat kerusakan maupun kehilangan barang. Jaminan keamanan ini sangat bermanfaat terutama jika Anda mengirim jenis barang perhiasan, gadget, makanan, dokumen penting, dan masih banyak lagi.

4. Mudah untuk Tracking
Mengirim barang dengan menitipkannya ke sembarang orang dengan mengirim barang melalui ekspedisi tentu akan lebih mudah di tracking bila melalui ekspedisi. Cukup dengan mengetik nomor resi, Anda sudah bisa menemukan di mana posisi paket secara real time. Sehingga bila terjadi keterlambatan atau kendala dalam pengiriman, Anda bisa langsung menghubungi Customer Service.

5. Menyediakan Lapangan Pekerjaan
Selain bermanfaat untuk mengirimkan barang, jasa ekspedisi juga bermanfaat sebagai lapangan pekerjaan untuk driver. Banyak sekali jasa pengiriman yang membuka lowongan driver, salah satunya adalah Lalamove. Ada lowongan mitra pengemudi Lalamove di Jatim dengan berbagai benefit yang menjanjikan.

Dengan waktu kerja yang bebas, Anda berpotensi mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 per hari. Tentunya potensi penghasilan ini masih belum termasuk dengan bonus dan insentif lainnya. Selain itu, cara mendaftarkan diri pada lowongan driver Lalamove juga sangat mudah.

Mengingat jasa pengiriman ini berbasis aplikasi, maka Anda harus mengunduh aplikasinya di smartphone dengan OS minimum Android 5.0 atau iOS 11.0. Lalu untuk syarat pendaftarannya, jangan lupa sertakan foto diri, KTP pribadi, KTP kontak darurat, Kartu Keluarga, serta identitas kendaraan. Verifikasi dokumen biasanya membutuhkan waktu hingga 3 x 24 jam.

Karena Lalamove menerapkan sistem ajak untung mitra drive, Anda sebagai driver akan menerima sejumlah benefit diantaranya mendapat order rutin dari mitra bisnis Lalamove, promo setiap bulan, daftar lokasi Top Klien setiap armada yang diperbarui rutin setiap minggunya, hingga mendapatkan asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dari jasa pengiriman barang. Manfaat tidak hanya dirasakan oleh pelaku jual beli online melainkan juga bagi yang sedang mencari lowongan driver dengan berbagai benefit yang menggiurkan.

Referensi:
https://blog.jejualan.com/4-manfaat-jasa-pengiriman-barang-untuk-toko-online/