Totok Hariyono: Saya Harap Masyarakat Jadikan Bawaslu Sebagai Solusi Penyelesai Sengketa Proses Pemilu

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI Totok Hariyono. (ist)

BACAMALANG.COM – Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI Totok Hariyono berharap masyarakat dapat menjadikan Bawaslu RI sebagai solusi dalam penyelesaian sengketa proses selama tahapan pemilu.

“Kalau ada pencurian, untuk menyelesaikan masalah, masyarakat larinya ke polisi. Nah kalau ada problem yang berkaitan dengan sengketa proses pemilu, masyarakat harusnya lari ke Bawaslu,” terangnya saat menjadi narasumber yang diselenggarakan Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Padang yang dilakukan secara daring belum lama ini.

Menurutnya kesuksesan dari suatu pemilu tidak hanya ditentukan dari bagaimana jalannya pemungutan suara saja, namun dilihat pula dari proses penyelesaian sengketa yang yang dilakukan.

Dikatakannya undang-undang telah menyediakan fasilitas untuk menyelesaikan sengketa proses kepemiluan, dengan diberikannya wewenang mediasi kepada Bawaslu.

“Saya tekankan, bahwa pemilu kita tidak hanya mengejar suara 50 persen plus satu (kemenangan hasil suara), tetapi juga musyawarah mufakat jika ada sengketa proses sengketa pemilu. Bawaslu menginginkan masyarakat sebagai mitra utama dalam penegakkan hukum pemilu,” pungkasnya. (*/had)